My Business

Jouletters


Executive Summary
·         Sumber Ide                           : Hobi & Skills
·         Deskripsi Produk / Jasa     : Pembatas buku dengan tulisan serta desain yang menarik
·         Produksi                                : Jouletters
·         Pemasaran                            : Dilakukan di beberapa platform, e-commerce

Business Model Canvas
·         Customer Segments
Pelanggan yang akan menjadi target dalam bisnis ini adalah pembaca buku, khususnya anak-anak muda. Kebanyakan anak-anak muda gemar membaca novel, komik, buku pengetahuan, dan lain-lainnya. Mereka akan lebih tertarik dengan pembatas buku yang menarik untuk dilihat, sehingga dapat meningkatkan minat mereka dalam membaca.
·         Value Proposition
Keunggulan dari produk ini, pembatas buku yang dipesan oleh pelanggan bisa dicustom sesuai keinginan mereka. Bahkan pelanggan bisa request bahan dari pembatas buku yang diinginkan. Dengan adanya pembatas buku ini, diharapkan orang-orang akan lebih berminat untuk membaca dibandingkan bermain gadget.
·         Channels
Sarana dalam menyampaikan value proposition dari produk ini dapat melalui komunitas pembaca buku, komunitas handlettering, serta influencer yang berkaitan dengan buku dan handlettering. Melalui channels tersebut, value propositions akan tersampaikan kepada customer segments. Selain itu, bisnis ini juga memanfaatkan ads di berbagai platform.
·         Customer Relationship
Dalam menjaga loyalitas pelanggan, akan dibangun hubungan yang baik, ramah, sopan, terhadap customer. Selain itu, akan dilakukan pula pengawasan agar pelanggan tidak mudah berpaling ke bisnis yang lain hanya karena jalinan hubungan yang kurang baik.
·         Revenue Stream
Dalam produksinya, bahan baku produk, serta kinerja akan dimanfaatkan secara maksimal. Kualitas produk akan diperhatikan supaya mendapatkan pandangan dan nilai bagus dari pelanggan.
·         Key Activities
Menghasilkan proporsi nilai dalam bisnis ini dilakukan dengan cara endorsement channels. Dengan adanya kualitas yang bagus, lalu approved by influencer, maka followers dari influencer tersebut pun akan tertarik karena produk ini berkualitas dan bagus. Selain itu bisnis ini juga akan didaftarkan ke dalam e-commerce (online shop), supaya dapat mempermudah pelanggan.
·         Key Resource
Sumber daya, pengelolaan bahan baku pembatas buku, penataan sumber daya manusia, dan penataan proses operasional akan sangat diperhatikan supaya layak untuk berkompetitif dengan bisnis lain.
·         Key Partnership
Dalam bisnis ini akan memperhatikan serta menjalin hubungan yang baik sehingga menciptakan siklus bisnis yang sesuai dengan ekspektasi.
·         Cost Structure
Struktur pembiayaan bisnis akan dikelola secara efisien sehingga bisnis yang dijalani menjadi lebih hemat dan meminimalkan resiko kerugian. Bahkan bahan baku pembatas buku bisa berasal dari barang recycle sehingga dalam produksinya tidak membuang-buang bahan serta lebih ekonomis. Mempunyai nilai ekonomis tentu akan mempunyai nilai lebih di mata customer.


Berikut ini ialah contoh proposal bisnis di atas.

Semoga bermanfaat.

Comments