Menemukan Ide Bisnis

Menemukan Ide Bisnis


Mengapa Beberapa Orang Bisa Lebih kreatif dari yang Lain? - Semua ...

Gimana sih cara menemukan ide bisnis?

Cara yang paling basic-nya nih, adalah membaca kondisi lingkungan di mana bisnis kita akan dijalankan. Bisnis mncul sebagai solusi atas masalah yang terjadi. Jadi, penting buat kita yang pengen berbisnis untuk belajar membaca situasi permasalahan yang sedang terjadi. Ga cuman itu, bisnis kita pun harus bisnis yang muncul dari ide kreatif dan dimatangkan dengan perencanaan yang bagus supaya bisnis kita dikenal dan memiliki potensi keberhasilan yang besar ketimbang bisnis yang dimulai tanpa perencanaan yang matang.


Nah berikut ini merupakan 3 sumber ide bisnis kreatif yang bisa kita jadikan acuan.



Permasalahan dalam masyarakat

Kita perlu turun langsung untuk melihat kondisi lingkungan masyarakat dan mencari permasalahan yang dihadapi masyarakat. Caranya ialah dengan melihat apa sih yang dibutuhkan masyarakat saat ini. Lalu kita juga harus tahu apakah sudah ada yang menemukan solusinya atau belum, supaya kita tidak kalah saing.



Masalah personal

Ide bisnis bisa kita dapatkan juga dari masalah personal loh. Ketika kita mendapatka suatu masalah, kita berhenti aja buat ngeluh. Di situ kita mulai berpikir positif dan mencari solusi dari permasalahan itu, karena bisa jadi solusi itu tuh yang bisa menjadi sebuah ide bisnis kita. Contohnya aja nih yang udah terkenal banget yaitu Go-Jek. Nadiem Makarim sebagai foundernya, pernah bilang kalo ide Go-Jek tuh sebenernya muncul karena ia sering liat ojek langganannya nongkrong lama hanya untuk menunggu calon penumpang. Terinspirasi dari itu, akhirnya muncul deh ide kreatif Nadiem untuk membuat aplikasi Go-Jek tersebut.



Trend yang ada

Trend adalah sesuatu yang sedang dibicarakan oleh masyarakat saat ini dan kejadiannya berdasarkan fakta. Kita bisa mengamati trend dan kemudian menjadikannya sebagai inspirasi untuk memulai sebuah bisnis yang inovatif dan kreatif. Dengan mengikuti trend, kita akan dengan mudah mendapatkan konsumen dalam waktu yang cepat. Tapi kita juga harus perhatikan supaya bisnis kita berbeda dari yang sudah ada. Setidaknya tuh kita ada nilai lebihnya, sehingga konsumen tertarik sama bisnis yang kita jalankan.


Oke supaya lebih jelas, berikut ini ada video tentang sumber-sumber Ide Bisnis. Semoga membantu..


Comments