Tokoh Kewirausahaan

Arief Muhammad


Arief Muhammad adalah seorang entrepreneur muda. Ia kelahiran 26 Oktober 1990. Arief tidak hanya berperan sebagai influencer, ia juga sukses merambah dunia content creator. Ia sukses merambah dunia bisnis sehingga menjadi entrepreneur muda.
Pada awalnya tahun 2009, Arief membuat akun Twitter hanya untuk iseng-iseng semata. Ia membuat akun dengan username @poconggg. Meski sudah banyak yang mengikuti akun tersebut, Arief tidak membuka identitasnya kepada publik. 
Akun @poconggg sering mengunggah cuitan yang relate dengan anak muda, dan tentunya berhubungan dengan karakter 'pocong' itu sendiri. Sampai pada akhirnya, pemilik akun ini diketahui publik. Walau sempat hilang beberapa saat dari dunia Twitter, Arief kembali dengan identitas aslinya. 
Berkat @poconggg pula, Arief bisa membuat sebuah buku berjudul Poconggg Juga Pocong (2011). Dari bukunya yang sempat laris di pasaran, buku tersebut berhasil diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama dan Arief sebagai penulis skenarionya.
Pada tahun 2012, ia mulai mencoba menjadi YouTuber. Kontennya sendiri berputar tentang daily vlogtravel vlog, serta tips dan trik dunia bisnis. Akun YouTube Arief Muhammad sudah memiliki 2,32 juta subscribers. Berkat YouTube, Arief diundang langsung oleh Presiden Joko Widodo ke istana negara. Konten-kontennya dianggap mendidik dan membawa dampak positif untuk anak muda. 
Sampai saat ini, Arief masih aktif membagikan konten-konten kreatif mendidik di YouTube. Ia juga aktif membagikan kesehariannya melalui Instagram dan Twitter.
Meski sukses sebagai content creator dan influencer, Arief tetap mengeksplor dirinya. Ia bersama sang istri, Tiara Pangestika membangun berbagai bisnis yang cukup sukses. Mulai dari Oppai Yakitori, Cakekinian, Ternak Indekos, dan bisnis lainnya yang dikelola bersama istrinya. Bisnis kue Cakekinian yang ia bangun juga mendapat animo tinggi dari masyarakat. Pada awal perilisan, kue hits tersebut selalu cepat terjual habis. Hingga sekarang, Arief sudah memiliki banyak cabang yang tersebar di Indonesia.
Tidak sampai di situ, Arief juga membuat indekos ekslusif dibilangan Yogyakarta. Dengan fasilitas premium, kos tersebut memang disasarkan untuk kalangan menengah ke atas. Sedangkan Tipang, sang istri juga cukup sukses dengan bisnis sepatu dan buku planner.
Pada Februari tahun 2020, Arief membuat Grebe. Grebe adalah sebuah 'mall kecil' yang terletak di Lippo Mall Puri 1 Jakarta Barat. Seperti mall di dalam mall. Tujuan Arief membuat Grebe adalah untuk menyambungkan dunia online store dan offline store. Di Grebe ini kita bisa melihat dan mencoba sendiri produk-produk tersebut. Kalau kita malas fitting, ada layar yang bisa menampakkan diri kita yang sedang menggunakan produk tersebut tanpa harus mencobanya, mirip seperti filter instagram. Kita dapat membeli barang secara online lewat sebuah layar yang ada di dekat display produk dan nantinya produk tersebut akan dikirim ke rumah kita. Menurut saya ini sesuatu yang kreatif dan unik.

Arief Muhammad menginspirasi banyak anak muda, termasuk saya. Ia dapat mengembangkan potensi-potensi yang dia miliki sebagai influencer, content creator maupun sebagai entrepreneur. Dilihat dari usahanya, Arief tidak pernah berhenti untuk terus mengembangkan usahanya. Bedanya Arief dengan orang banyak ialah ia terus mengembangkan usahanya secara kreatif, unik, dan juga up to date, sehingga usahanya dapat digemari oleh kalangan muda. 

Comments