Business Plan



Pada kali ini kita akan membahas tentang Business Plan.
Apa itu Business Plan?
Jadi, Business Plan adalah rencana tertulis yang menjelaskan tentang bagaimana suatu kegiatan bisnis dilakukan agar tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai. Iya, dengan kata lain supaya bisnis tersebut berjalan sesuai dengan tujuan yang kita tetapkan. Kenapa sih kita harus paham Business Plan? Business Plan dikembangkan untuk memahami bagaimana formulasi rencana bisnis dan argumentasi yang mendukung mengenai hal tersebut dilakukan.

Memangnya apa sih manfaat Business Plan?
Business Plan tentunya memiliki manfaat untuk bisnis yang akan kita jalankan.
1)      Strategi dan rencana bisnis kita akan terancang dengan baik.
2)      Kita dapat menentukan prioritas dalam bisnis kita.
3)      Melalui Business Plan kita aka mengetahui masalah apa yang akan kita hadapi serta cara menghadapinya.
4)      Dengan memiliki Business Plan yang tepat, maka kita dapat mengetahui informasi yang akurat tentang permodalan usaha.

Menurut berbagai artikel prinsip-prinsip dalam Business Plan ada lima, yaitu
1)      Prinsip Otonomi, adalah pengusaha atau pelaku usaha meiliki kebebasan dalam kegiatan usaha tersebut dengan tidak melanggar norma atau aturan yang berlaku.
2)      Prinsip Kejujuran, ialah jujur sangat penting dalam berbisnis atau berusaha, karena dengan jujur bisnis yang kita bangun akan berjalan sesuai rencana.
3)      Prinsip Keadilan, ialah dalam berbisnis ini kita harus mengaktualkan visi misi yang telah kita buat agar bisnis ini sesuai dengan rencana yang kita harapkan.
4)      Prinsip Saling Menguntungkan, ialah didalam berbisnis tidak hanya menguntungkan sebelah pihak, tetapi harus sama-sama saling menguntungkan. Dan menerapkan keadilan untuk langkah lebih tepat untuk mewujudkan dan menciptakan iklim persaingan yang sehat didalam pasar tersebut. 
5)      Prinsip Integritas Moral, ialah seorang pengusaha bukan hanya mengambil keuntungannya saja, tetapi perusahaan itu harus memiliki media yang baik bagi masyarakat, bermanfaat bagi masyarakat dan berfikir yang baik bagi bisnis bagi perusahaan didalam dunia usaha tersebut. 
Apa aja sih komponen dalam Business Plan?
  1. Ulasan Deskripsi Bisnis
Kita menjelaskan secara singkat apa bidang usaha yang akan dijalankan.
  1. Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang akan dijalankan harus merupakan hasil analisa pasar yang telah dilakukan dengan cermat, ya.
  1. Analisa Pesaing
Kita harus mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing kita dalam satu pasar yang sama.
  1. Rencana Desain dan Pengembangan
Komponen ini berguna untuk membuat rencana anggaran biaya produksi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kita.
  1. Rencana Operasional dan Manajemen
Rencana operasional dan manajemen kita buat untuk menjelaskan bagaimana usaha akan berjalan dan berkelanjutan.
  1. Pembiayaan
Komponen ini berguna supaya kita tahu darimana sumber dana berasal, bagaimana mengatur anggaran agar efisien namun tetap dapat mengoperasikan seluruh divisi dalam perusahaan agar berjalan lancar.
  1. Kesimpulan Usaha
Kita dapat menampilkan jadwal waktu tiap komponen diatas akan dilakukan guys, perkiraan waktunya dan hal-hal penting lainnya yang akan mendukung segala aktifitas dalam memulai usaha.






Comments