Produk & Penentuan Harga Jual


Sesuai judul, blog kewirausahaan kali ini kita akan membahas tentang Produk dan Penentuan Harga Jual. Nah, untuk menentukan harga jual dari sebuah produk entah itu berupa barang ataupun jasa bukanlah hal yang mudah. Bila salah dalam mengambil keputusan maka resikonya usaha kita bisa-bisa akan gulung tikar.
Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menentukan harga supaya tidak terjadi kesalahan. Namun tidak semua cara tersebut bisa kita terapkan dalam berbagai jenis produk yang akan dijual. Beberapa faktor yang seringkali menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan harga produk adalah mengamati harga yang sudah eksis atau milik pesaing.


Berikut dua hal penting yang harus kita perhatikan, yaitu:
  1. Jangan menetapkan harga terlalu rendah
Karena kita akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan. Bagaimana mungkin usaha yang kita dirikan akan terus berjalan tanpa mendapatkan laba dari penjualan yang kita lakukan.
  1. Jangan menetapkan harga yang terlalu tinggi.
Karena biasanya konsumen sangat rentan terhadap harga dan tidak segan untuk meninggalkan usaha kita untuk memilih produk milik pesaing yang mereka anggap lebih murah.
Jadi sebelum menetapkan harga jual produk sebaiknya dilihat terlebih dahulu daya beli konsumen yang menjadi target, jika mereka memiliki daya beli yang tinggi maka akan aman aman saja jika menetapkan harga yang tinggi. Begitu pula sebaliknya.


Pertimbangan dalam menentukan harga
Berikut ini ada beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan dalam menentukan harga jual produk diantaranya yaitu :

Menentukan berapa pendapatan yang ingin dihasilkan dari produk tersebut
Tetapkan target pendapatan untuk setiap bulannya. Yang dimaksud dari pendapatan di sini bukan hanya kembalinya modal, akan tetapi semua pemasukan yang anda peroleh yang bisa menutup semua biaya yang telah kita keluarkan serta laba atau keuntungannya.


Menentukan prioritas usaha
Dengan menentukan prioritas usaha, maka kita bisa menentukan besaran harga jual produk. Selain itu anda juga bisa meningkatkan dan memperluas wilayah pemasaran sehingga keuntungan yang anda dapatkan akan lebih besar dari biasanya. Tetapi kita juga harus tetap mempertahankan kualitas produk.

Mempertimbangkan kemampuan konsumen 
Semakin kita tahu keadaan konsumen yang menjadi target pemasaran, maka kita pun juga akan semakin tahu berapa besaran harga yang bisa kita tetapkan untuk setiap produknya.


Produksi Adalah : Faktor dan Proses yang Wajib Diketahui Pebisnis -

Biaya Produksi
Dengan menghitung besaran biaya produksi yang telah kita keluarkan disertai dengan target keuntungan yang ingin diperoleh maka kita bisa menentukan besaran harga jual setiap produknya.

Sesuai dengan target awal
Untuk bisa menetapkan harga produk hal yang perlu kita pertimbangkan selanjutnya adalah mengenai target pendapatan yang ingin kita peroleh. Faktor faktor lain yang harus kita pertimbangkan adalah mengenai biaya pemasaran dan biaya promosi.

Mengetahui harga kompetitor
Nah, hal lain yang perlu kita jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan harga produk adalah dengan mengetahui harga produk dari kompetitor. Apakah harga yang mereka tetapkan sebanding dengan produk anda atau tidak. Maka anda bisa menjadikannya sebagai patokan dalam menentukan harga jual produk nantinya.

Monitor Harga
Setelah menetapkan harga produk yang tepat maka langkah final adalah memonitor harga tersebut secara terus menerus supaya bisa diketahui tingkat penjualannya dan kita juga bisa melihat berapa keuntungan yang diperoleh pada akhirnya.

Cara menghitung persentase Achievement yang di dapatkan dari ...

Dengan adanya pengetahuan kita tentang Produk dan Penentuan Harga Jual, ini dapat membantu kita untuk bisa manage usaha kita dengan baik. Jika kita mempunyai kemampuan mengendalikan atau manage usaha yang baik, maka kita pun dapat mencapai tujuan dari usaha kita.
Tetap semangat dan terus berjuang.
Be positive (:

Comments