Sesuai judul, blog kewirausahaan kali ini kita akan membahas tentang Produk dan Penentuan Harga Jual. Nah, untuk menentukan harga jual dari sebuah produk entah itu berupa barang ataupun jasa bukanlah hal yang mudah. Bila salah dalam mengambil keputusan maka resikonya usaha kita bisa-bisa akan gulung tikar.
Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menentukan harga supaya tidak terjadi kesalahan. Namun tidak semua cara tersebut bisa kita terapkan dalam berbagai jenis produk yang akan dijual. Beberapa faktor yang seringkali menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan harga produk adalah mengamati harga yang sudah eksis atau milik pesaing.
Berikut dua hal penting yang harus
kita perhatikan, yaitu:
- Jangan menetapkan harga terlalu rendah
Karena kita
akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan. Bagaimana mungkin
usaha yang kita dirikan akan terus berjalan tanpa mendapatkan laba dari
penjualan yang kita lakukan.
- Jangan menetapkan harga yang terlalu tinggi.
Jadi sebelum menetapkan harga jual
produk sebaiknya dilihat terlebih dahulu daya beli konsumen yang menjadi target,
jika mereka memiliki daya beli yang tinggi maka akan aman aman saja jika
menetapkan harga yang tinggi. Begitu pula sebaliknya.
Pertimbangan dalam menentukan harga
Berikut ini ada beberapa hal yang
perlu kita pertimbangkan dalam menentukan harga jual produk diantaranya yaitu :
Menentukan
berapa pendapatan yang ingin dihasilkan dari produk tersebut
Tetapkan target pendapatan untuk
setiap bulannya. Yang dimaksud dari pendapatan di sini bukan hanya kembalinya
modal, akan tetapi semua pemasukan yang anda peroleh yang bisa menutup semua
biaya yang telah kita keluarkan serta laba atau keuntungannya.
Menentukan
prioritas usaha
Dengan menentukan prioritas usaha,
maka kita bisa menentukan besaran harga jual produk. Selain itu anda juga bisa
meningkatkan dan memperluas wilayah pemasaran sehingga keuntungan yang anda
dapatkan akan lebih besar dari biasanya. Tetapi kita juga harus tetap
mempertahankan kualitas produk.
Mempertimbangkan kemampuan konsumen
Semakin kita tahu keadaan konsumen yang menjadi target pemasaran, maka kita
pun juga akan semakin tahu berapa besaran harga yang bisa kita tetapkan untuk
setiap produknya.
Biaya Produksi
Dengan menghitung besaran biaya produksi yang telah kita keluarkan disertai
dengan target keuntungan yang ingin diperoleh maka kita bisa menentukan besaran
harga jual setiap produknya.Sesuai dengan target awal
Untuk bisa menetapkan harga produk hal yang perlu kita pertimbangkan selanjutnya adalah mengenai target pendapatan yang ingin kita peroleh. Faktor faktor lain yang harus kita pertimbangkan adalah mengenai biaya pemasaran dan biaya promosi.
Mengetahui harga kompetitor
Nah, hal lain yang perlu kita jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan harga produk adalah dengan mengetahui harga produk dari kompetitor. Apakah harga yang mereka tetapkan sebanding dengan produk anda atau tidak. Maka anda bisa menjadikannya sebagai patokan dalam menentukan harga jual produk nantinya.
Monitor Harga
Setelah menetapkan harga produk yang tepat maka langkah final adalah memonitor harga tersebut secara terus menerus supaya bisa diketahui tingkat penjualannya dan kita juga bisa melihat berapa keuntungan yang diperoleh pada akhirnya.
Dengan adanya pengetahuan kita tentang Produk dan Penentuan Harga Jual, ini dapat membantu kita untuk bisa manage usaha kita dengan baik. Jika kita mempunyai kemampuan mengendalikan atau manage usaha yang baik, maka kita pun dapat mencapai tujuan dari usaha kita.
Tetap semangat dan terus berjuang.
Be positive (:
Comments
Post a Comment