ASPEK PEMASARAN DALAM BERWIRAUSAHA


Aspek Pemasaran adalah faktor penting yang dijadikan kunci keberhasilan bagi perusahaan dalam memetakan suatu pasar. Dengan mengenali aspek tersebut, kita dapat melakukan studi kelayakan bisnis sehingga dapat menganalisa bisnis tersebut layak atau tidak untuk direalisasikan. Selain itu, dengan mengenali aspek tersebut kita juga dapat menganalisa kebutuhan pasar sehingga strategi pemasaran berjalan dengan sukses. Nantinya aspek pemasaran tersebut akan menjadi kunci keberhasilan dalam menjalankan sebuah usaha.




Inilah aspek-aspek marketing yang penting diketahui sebelum memulai usaha.



Where have we been?

Where do we want to go?

How do we get there?

(Hisrich-Peters, 1905: 139)




Rencana pemasaran (marketing plan)
Kita harus mengetahui konsep-konsep pemasaran dan segala informasi telah dikumpulkan. Memperhatikan latar belakang perusahaan, kekuatan dan kelemahan perusahaan, bagaimana keadaan persaingan, serta bagaimana peluang dan kendala yang dihadapi. Kemudian kita perlu ditetapkan sasaran marketing untuk masa yang akan datang. Hal tersebut diperlukan agar kita mempunyai tujuan yang tepat serta tidak kehilangan arah. Lalu kita bisa menetapkan strategi pemasaran dan penelitian pemasaran.


Analisis S.W.O.T
Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities), dan ancaman (Threats) dalam suatu spekulasi bisnis. Yang dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan yang terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan ancaman baru.

Melaksanakan konsep pemasaran

Ada lima konsep pemasaran yaitu, konsep produksi (production concept), konsep produk (product concept), konsep penjualan (selling cocept), konsep pemasaran (marketing concept), konsep sosial (sosietal concept). 


Segmentasi pasar

Segmentasi pasar adalah pembagian segmen suatu pasar berdasarkan pembeli. Pada umumnya, demografi, tingkat penghasilan, psikografis, dan kelas sosial menjadi dasar dalam melakukan segmentasi. Jika analisis spesifikasi produk dan perbedaannya didasarkan pada pemisahan dan pengkhususan produk-produk, maka segmentasi pasar analisanya berdasarkan pemisahan dan pengkhususan pada calon kelompok pembeli potensial. Dengan melakukan segmentasi pasar, kita dapat meraih laba maksimum dan strategi pemasaran akan berjalan dengan lancar.

Kriteria dan faktor penyusun segmentasi pasar
Pada aspek pemasaran ini, sebuah perusahaan harus memiliki dan mempelajari kriteria tertentu agar perusahaan tersebut mendapatkan posisi lebih unggul dibandingkan perusahaan pesaing. Nantinya setiap kriteria yang digunakan oleh perusahaan harus dibuat dengan ukuran yang sesuai.


Analisa pasar dan peramalan permintaan

Analisa pasar merupakan hal yang cukup penting, karena analisa ini akan membuat aktivitas pemasaran semakin tepat sasaran. Selain itu, kita juga dapat lebih memahami seperti apa situasi, jenis produk, keadaan, dan bentuk promosiyang akan kita berikan kepada konsumen. Langkah ini dibutuhkan untuk mengatur dan merencanakan sebuah strategi yang tepat dan sesuai dengan kondisi pasar. Kenapa analisa sangat penting? Karena dengan aspek pemasaran analisa pasar ini, kita dapat menemukan sebuah peluang yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya. Selain itu dengan analisa pasar, kita juga bisa mengembangkan usaha dan bisnis kita menjadi lebih maju.


Analisa pesaing

Jika kita ingin perusahaan kita tidak kalah dari kompetitor maka kita harus melakukan analisa pesaing. Ini juga akan menjadi penentu dimana kita memposisikan perusahaan dalam dunia bisnis. Pesaing adalah perusahaan yang memproduksi atau memasarkan barang yang serupa atau tak jauh berbeda dengan produk kita. Kenali pesaing potensial dan pesaing umu. Buatlah strategi pemasaran berdasarkan kekuatan serta kelemahan mereka. Dengan melakukan hal ini, kita juga bisa melakukan identifikasi terhadap peluang, dan ancaman terhadap bisnis.


Promosi

Promosi juga merupakan aspek marketing yang penting. Promosi adalah upaya dari penjual untuk menawarkan suatu produk kepada pembeli agar melakukan pembelian. Promosi juga merupakan aspek yang vital dalam pemasaran karena dengan promosi maka penjual dan menginfokan segala sesuatu terkait jasa dan barang yang ditawarkan kepada konsumen. Dalam melakukan promosi, kita dapat memberikan informasi secara lengkap mengenai produk, serta menggunakan kata-kata dan aksi persuasif. kita dapat melakukan iklan, personal selling atau pun cara-cara promosi lain.







Comments