Merintis Usaha Baru

Menjadi Entrepreneur?

Menjadi Pengusaha atau Entrepreneur membutuhkan keahlian untuk memanfaatkan sumber daya yang ada dan menjadikannya menjadi sesuatu yang memiliki nilai. Banyak orang mau menjadi seorang pengusaha besar yang sukses dan berhasil. Tetapi, hanya sedikit orang yang berhasil meraih mimpi tersebut. Menjadi pengusaha memang tidak mudah, banyak yang harus dipersiapkan.

Berikut ini merupakan 10 hal penting yang harus dipersiapkan untuk merintis usaha baru.
1. Konsep bisnis atau usaha
Kita bisa mencoba dengan mulai memikirkan apa yang akan kita jalankan dalam bisnis atau usaha tersebut, mencari tau informasi bisnis atau usaha yang sedang berkembang supaya semakin up to date. Selain itu, kita juga harus Out of  The Box alias berpikir kreatif.
2. Tujuan membuat bisnis atau usaha
Memiliki visi dan misi yang jelas akan membuat bisnis atau usaha kita berjalan sesuai tujuan dan tidak kehilangan arah.
3. Satu per-satu
Fokus pada satu bisnis dulu, jangan terburu-buru. Ketika suatu bisnis belum bisa stabil, maka akan berdampak juga pada bisnis lainnya. Bahkan dapat mengakibatkan semua bisnis atau usaha mengalami kejatuhan.
4. Siap mental
Dalam menjalani suatu bisnis, kesiapan mental diperlukan dalam hal menghadapi kemungkinan baik ataupun buruk dalam binis atau usaha tersebut.
5. Adanya evaluasi
Evaluasi sangat diperlukan. Hal ini berguna untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan sebelumnya, sehingga bisnis atau usaha akan selalu terus berkembang dan menjadi lebih baik dari yang sebelumnya.
6. Lakukan bisnis atau usaha yang disukai dan dikuasai
Menjalankan sesuatu yang kita sukai dan kuasai akan berdampak pada jalannya sebuah bisnis. Ini akan membuat kita sebagai pengusaha tidak mudah menyerah dengan apa yang kita mulai.
7. Modal Usaha
Menyiapkan modal usaha dan menggunakannya dengan efektif sangat penting dalam menjalani suatu bisnis atau usaha. Diperlukan adanya pengaturan anggaran yang teorganisir.
8. Target Pasar
Menentukan target pasar sama pentingnya dengan tujuan. Ketika sebuah bisnis kehilangan target ataupun tujuan, bisnis atau usaha tersebut akan kehilangan arah.
9. Memahami persaingan bisnis
Kita harus paham apa yang dapat membuat bisnis atau usaha kita naik ataupun turun. Kompetisi dalam berbisnis akan terus ada, kita harus cerdas dalam menanggapinya.
10. Action
Sembilan hal di atas akan menjadi sia-sia ketika kita tidak mempunyai keberanian untuk memulai. Kita tidak akan bisa berjalan jika kita tidak merangkak terlebih dahulu.

Mulailah dari hal yang kecil (:



Comments